PRAKAT YOGA ( Prana, Kundalini Dan Atman )

PRANA YOGA.

Bernafas adalah hidup – proses sederhana ini menyertai semua yang kita lakukan, baik itu tidur, bekerja, berolahraga, atau meditasi. Dalam Yoga, pernapasan disebut pranayama, yang secara kasar dapat diterjemahkan sebagai “perpanjangan kehidupan” karena prana berarti “kekuatan hidup”. 

Anda mungkin memperhatikan bahwa ketika Anda kesulitan bernapas ada banyak masalah yang menyertainya – kecemasan, stres, sulit tidur, dan gangguan pencernaan hanya untuk menyebutkan beberapa saja. 

Ketika Anda mengendalikan pernapasan Anda, semua hal ini mungkin masih terjadi, tetapi Anda akan belajar untuk melawannya dan meningkatkan kesehatan mental Anda secara keseluruhan. Berikut 8 alasan mengapa kita semua perlu belajar Prana Yoga dengan benar.

Pengurangan stres

Kita hidup di lingkungan yang bising dan penuh tekanan, yang membuat otak kita menjaga kita dalam keadaan siaga setiap saat. Hal ini menyebabkan banyak stres yang hampir tidak mungkin hilang. Pernapasan dalam yang terkontrol adalah salah satu alat yang paling mudah dan manjur untuk membantu otak dan tubuh kita rileks. Ini adalah mekanisme bawaan yang harus Anda gunakan setiap hari!

Detoksifikasi

Bernafas dan bergerak adalah satu-satunya cara untuk meningkatkan sistem limfatik Anda, yang bertanggung jawab untuk membersihkan semua limbah dan racun dalam tubuh Anda. Tidak ada pompa built-in seperti yang dimiliki jantung kita, tetapi hanya dengan menarik napas dalam-dalam Anda akan membantu sistem Anda untuk sepenuhnya membersihkan.

Pengurangan kecemasan

Napas dalam yang terkontrol secara langsung memengaruhi saraf vagus di otak kita, yang bertanggung jawab atas ketenangan, fokus, dan detak jantung yang rendah. Semakin Anda menstimulasinya, semakin banyak asetilkolin masuk ke sistem saraf Anda, dan semakin banyak manfaat yang Anda dapatkan dari bernafas dengan benar. Penelitian menunjukkan itu bekerja lebih baik daripada anti-depresi!

Penurunan berat badan

Ini mungkin tidak tampak jelas, tetapi pernapasan dalam sebenarnya mendorong penurunan berat badan. Anda mendapatkan lebih banyak oksigen ke paru-paru, jantung, dan semua sel tubuh Anda. Mereka, pada gilirannya, membakar lebih banyak lemak – seperti saat berolahraga!

Kesembuhan insomnia

Napas dalam sangat dihargai karena kemampuannya untuk mengesampingkan respons melawan-atau-lari (sistem saraf simpatis) kami, dan membuat otak kita rileks dengan menyalakan sistem saraf parasimpatis. Akibatnya pikiran Anda menjadi tenang, Anda tidur lebih baik, dan detak jantung Anda melambat.

Pelepasan endorphin

Endorfin sangat penting untuk perasaan kita bahagia, puas dengan kehidupan, dan santai. Endorfin juga meringankan rasa sakit dan memberikan perasaan kesejahteraan secara keseluruhan. Hanya dengan bernapas perlahan dan dalam, Anda bisa menjadi orang yang lebih bahagia!

Meditasi

Pernafasan yang terkontrol secara alami mengarah ke kondisi pikiran meditatif, yang memiliki manfaat tanpa akhir untuk semua bidang kehidupan Anda. Latihan pernapasan memberi Anda rasa tenang, menenangkan pikiran, meningkatkan fokus, konsentrasi, dan kesadaran tubuh.

Pertumbuhan otak

Menurut penelitian, latihan pernapasan yang dipasangkan dengan meditasi menyebabkan peningkatan ukuran otak. Area-area tertentu dari otak Anda akan mengalami pertumbuhan ketika Anda bermeditasi untuk jangka waktu yang lama. 

Kebanyakan itu adalah area yang berhubungan dengan input dan perhatian sensorik. Area musik otak juga menjadi lebih tebal. Bahkan ketika Anda bertambah tua, otak Anda terus berkembang!

Kundalini Yoga

 Kundalini yoga adalah jenis yoga yang berfokus pada energi yang melingkar di sekitar pangkal tulang belakang. Gerakan kundalini yoga ini mungkin masih terdengar asing di masyarakat, namun terdapat banyak manfaat kundalini yoga. Ketahui apa itu kundalini yoga untuk pemula, gerakan, manfaat, dll.

Apa Itu Kundalini Yoga?

Kundalini yoga adalah jenis yoga yang berpusat pada energi dari pangkal tulang belakang. Dalam bahasa Sansekerta, Kundalini berarti “melingkar seperti ular” yang mengarah pada energi yang melingkar di sekitar pangkal tulang belakang melalui tujuh pusat energi. Energi ini juga disebut dengan energi kundalini.

. Kundalini yoga ini menggabungkan meditasi fisik dan spiritual, serta teknik pernapasan untuk meningkatkan energi kundalini.

Orang-orang melakukan kundalini yoga untuk mendapatkan keseimbangan, ketenangan, kebahagiaan, kesadaran kosmis atau kesadaran yang hanya dimiliki oleh manusia tertentu, pemahaman bentuk energi dari dalam dan luar tubuh untuk menyembuhkan, serta membangkitkan pusat energi universal pada dirinya sendiri.

Teknik Dasar Kundalini Yoga

Sebelum mempelajari gerakan kundalini yoga, berikut ini adalah teknik dasar kundalini yoga untuk pemula, yaitu:

  • Teknik Pernapasan: Kundalini yoga menggunakan teknik Long Deep Breathing atau tarik napas panjang untuk menghasilkan dan melepaskan energi.
  • Kriya: Kriya adalah serangkaian latihan meliputi pernapasan, postur, dan nyanyian untuk memusatkan pikiran, tubuh, dan jiwa Anda.
  • Mudra: Mudra adalah posisi tangan untuk mengunci energi ke aliran otak Anda.
  • Meditasi: Meditasi untuk menyembuhkan diri, meningkatkan energi, serta membersihkan pikiran bawah sadar.

Itulah teknik dasar yang harus diketahui tentang kundalini yoga untuk pemula. Setelah mengetahui teknik yoga tersebut, Anda dapat mempelajari gerakan yoga untuk pemula. 

Manfaat Kundalini Yoga untuk Pemula

Berikut ini adalah manfaat kundalini yoga untuk pemula, yaitu:

  1. Bimbingan Jiwa

Manfaat kundalini yoga untuk pemula adalah untuk ketenangan jiwa dan menambah kekuatan pikiran intuitif. Intuisi adalah bimbingan jiwa yang menjadi esensial panduan hidup Anda untuk mendengarkan, merasakan, serta memberi dukungan emosional.

Meditasi dengan kundalini yoga juga membersihkan pikiran bawah sadar dan membuat Anda belajar lebih dalam tentang kekuatan diri Anda sendiri.

  1. Melindungi Diri dari Pikiran Negatif

Manfaat kundalini yoga untuk pemula selanjutnya adalah untuk menjaga Anda dari pikiran negatif yang kadang Anda kembangkan sendiri dari diri Anda.

Aura positif yang dibangun dari latihan kundalini yoga dapat menutup pikiran negatif Anda dan memberikan aura positif, besar, kuat, dan cerah untuk diri dan lingkungan Anda.

  1. Keseimbangan Emosional dan Pikiran Netral

Latihan kundalini yoga dapat melatih pikiran dan emosional Anda agar lebih seimbang dan tenang dalam menghadapi suatu peristiwa. Kundalini yoga juga dapat membersihkan pola pikiran bawah sadar Anda jadi lebih jernih dan sehat.

  1. Relaksasi

Manfaat yoga adalah untuk merelaksasi, menenangkan, menghilangkan stres, serta menyeimbangkan sistem saraf. Anda dianjurkan untuk melakukan latihan yoga saat Anda menghadapi stres sehari-hari untuk membuat Anda merasa lebih baik dan lebih harmoni.

Atman Yoga

Bagaimana Atman/Jiwa bekerja dalam mempengaruhi kesembuhan?

Ketika Anda stres secara fisik dan emosi, tubuh akan mengeluarkan hormon stres yang dapat mempengaruhi sistem dan organ tubuh. Saat kita cemas, tidak hanya stres yang menjadi dampaknya, jantung Anda pun akan mengalami gangguan. Stres yang menumpuk dapat menyebabkan depresi, inilah yang membuat tubuh sulit untuk menyembuhkannya sendiri. Perlu Anda ketahui bahwa tubuh memiliki kemampuan alami untuk menyembuhkan diri.

Ketika Anda sakit, tak jarang Anda pun menjadi stres. Mungkin Anda memikirkan keluarga yang mengurusi Anda, biaya pengobatan, masalah di sekolah maupun kantor, hingga pengobatan yang lama. Stres merupakan dampak jiwa negatif. Memang belum ada bukti pasti bahwa pikiran negatif dapat menimbulkan suatu penyakit, namun para peneliti menunjukkan bahwa emosi negatif merupakan hal yang tidak sehat jika dibiarkan. Peneliti juga tidak tahu pasti penjelasan ilmiah mengenai cara kerja jiwa positif terhadap kesembuhan seseorang. Intinya adalah, jiwa positif bukan untuk menyelamatkan seseorang, tetapi untuk membentuk kesejahteraan dari dalam jiwa.

Ikuti Workshop Prakat Yoga di Festival Kediri Jawa Timur.

Biaya hanya IDR 350.000

anda mendapatkan modul dan sertifikat.

Hubungi : Guru Made Sumantra di WA:082113850694.